Header Ads

Cara Mengatasi Printer Canon Mp285 Dan Mp287 Error E08

Printer dengan merek Canon yaitu printer yang dapat dibilang yang sering bermasalah. Tetapi, permasalahan yang timbul tersebut bersama-sama yaitu persoalan software atau perangkat lunak dari pihak Canon yang sengaja disediakan untuk selalu menjaga semoga hasil cetakan printer selalu dalam keadaan manis dan berkualitas. 

Salah satu persoalan atau error yang mungkin sering atau pernah Anda jumpai pada printer MP287 adalah error E08. Untuk mengatasi error E08 pada printer Canon MP287 bersama-sama cukup mudah, dapat Anda atasi sendiri di rumah dan tidak perlu dibawa ke tukang service printer. Silahkan Anda coba sendiri tutorial berikut ini: 

Sebelum Anda memulai memperbaiki, sebaiknya Anda harus tahu dulu wacana permasalahan E08 ini. Error E08 pada canon MP287 merupakan error dimana counter penghitungan kertas dalam eeprom printer sudah penuh atau sudah maksimal. Untuk memperbaikinya, tentunya kita harus mereset atau memulai ulang eeprom tadi. Berikut yaitu cara penaganannya : 

Indikasi Awal : 
Ketika MP287 dihidupkan, maka akan pribadi muncul error E08 pada panel atau indikator LCD MP287. Dan apabila kita melaksanakan perintah print atau cetak, maka dilayar monitor akan tampil ” The Ink Absorber is Almost Full “. 

Jadi, bagaimana cara mengatasi Canon MP287 error E08?
Sebelum kita melaksanakan Reset pada Canon MP287, coba Anda tekan dan tahan tombol COLOR pada printer Canon MP287. Dan error E08 tadi akan teratasi dan printer dapat digunakan. Apabila dengan cara tersebut masih belum teratasi, langkah selesai yaitu melaksanakan reset.

Berikut cara Reset Canon MP287 error E08 : 
  1. Hidupkan Printer Canon MP287, maka di panel atau indikator LCD MP287 akan muncul error E08, dan ada keterangan ” The Ink Absorber is Almost Full ” dilayar monitor anda.
  2. Download Resetter MP287 Disini
  3. Setelah Anda mendownload resetternya, Printer Canon MP287 harus dalam keadaan mode perbaikan atau service mode.
  4. Untuk memulai mode perbaikan, matikan Canon MP287 yang error E08 dengan menekan tombol POWER, dan jangan mencabut kabel atau memutus arus listrik. 
  5. Tekan dan Tahan tombol STOP/RESET diikuti dengan menekan Tombol POWER. Kaprikornus kedua tombol posisi tertekan secara bersamaan.
  6. Lepas tombol STOP/RESET tapi jangan lepaskan tombol POWER
  7. Dalam keadaan tombol POWER masih tertekan, tekan tombol STOP/RESET sebanyak 6 kali. 
  8. Kemudian lepaskan kedua tombol tersebut secara bersamaan. Maka Canon MP287 akan berada dalam kondisi mode perbaikan atau service mode. 
  9. LCD Panel MP287 akan blank atau kosong dan di komputer anda akan mendeteksi hardware baru.
  10. Kemudian, langkah selanjutnya yaitu extract dan Jalankan Service Tool MP287 untuk MP287 error E08 yang telah Anda download tadi. 

Selanjunya kita akan menjalankan Service Tool, dengan cara sebagai berikut : 
  • Pada Clear Ink Counter, Klik “ MAIN ” , maka printer akan memproses perintah tesebut, kemudian MP287 akan print satu halaman dengan goresan pena ” D=000.0 “. 
  • Kemudian pada Operation, Klik ” EEPROM Clear “
  • Lalu klik ” EEPROM “, dan printer akan print hasil Resetter MP287. Salah satu barisnya akan bertuliskan sebagai berikut : “ TPAGE(TTL=00000 COPY=00000) ”. 
    Service Tool

Setelah mengikuti cara diatas, semoga Printer Canon MP287 yang error E08 tadi berjalan dengan normal kembali dan dapat dipakai dengan baik.

No comments

Powered by Blogger.